Pengertian dan Jenis-Jenis Sistem Suspensi
Pengertian dan Jenis-Jenis Sistem Suspensi |
Sejarah Sistem Suspensi
Bentuk awal dari suspensi pada sapi gerobak -drawn memiliki platform ayunan di rantai besi yang terpasang pada bingkai roda dari kereta. Sistem ini tetap dasar untuk semua sistem suspensi sampai pergantian abad ke-19, meskipun rantai besi diganti dengan penggunaan tali kulit dengan abad ke-17. Tidak ada mobil modern menggunakan sistem 'suspensi tali'.
Mobil awalnya dikembangkan sebagai versi self-propelled kendaraan yang ditarik kuda. Namun, kendaraan yang ditarik kuda telah dirancang untuk kecepatan relatif lambat, dan suspensi mereka tidak cocok untuk kecepatan yang lebih tinggi diizinkan oleh mesin pembakaran internal.
Pertama bisa diterapkan semi-suspensi diperlukan pengetahuan metalurgi canggih dan keterampilan, dan hanya menjadi mungkin dengan munculnya industrialisasi . Obaja Elliott mendaftarkan paten pertama untuk kendaraan semi-suspensi; - Setiap roda memiliki dua mata air daun baja tahan lama di setiap sisi dan tubuh kereta itu tetap langsung ke mata air yang melekat pada as roda . Dalam satu dekade, sebagian besar kereta kuda Inggris yang dilengkapi dengan mata; mata kayu dalam kasus kendaraan satu-kuda ringan untuk menghindari pajak, dan mata air baja di kendaraan yang lebih besar. Ini sering terbuat dari baja karbon rendah dan biasanya berupa beberapa lapisan daun pegas .
Pegas daun telah ada sejak Mesir awal. insinyur militer kuno yang digunakan pegas daun dalam bentuk busur untuk daya mesin pengepungan mereka, dengan sedikit keberhasilan pada awalnya. Penggunaan pegas daun di ketapel kemudian disempurnakan dan dibuat untuk bekerja tahun kemudian. Springs tidak hanya terbuat dari logam, cabang pohon kokoh dapat digunakan sebagai pegas, seperti dengan busur. Kereta kuda dan Ford Model T menggunakan sistem ini, dan masih digunakan saat ini di kendaraan yang lebih besar, terutama di suspensi belakang.
Ini adalah pertama sistem suspensi modern dan, seiring dengan kemajuan dalam pembangunan jalan , digembar-gemborkan peningkatan terbesar tunggal dalam transportasi jalan sampai munculnya mobil . The pegas baja Inggris tidak cocok untuk digunakan di jalan kasar Amerika waktu, sehingga Abbot Downing Perusahaan Concord, New Hampshire kembali memperkenalkan suspensi tali kulit, yang memberikan gerakan berayun bukan menyentak naik dan turun dari suspensi pegas.
Henri Fournier pada nya unik teredam dan racewinning 'Mors Machine', foto yang diambil 1902
Pada tahun 1901 Mors dari Paris pertama dipasang sebuah mobil dengan peredam kejut. Dengan keuntungan dari sistem suspensi teredam pada nya 'Mors Machine', Henri Fournier memenangkan perlombaan bergengsi Paris-to-Berlin pada waktu superior 20 Juni 1901. Fournier adalah 11 jam 46 menit 10 detik, sedangkan pesaing terbaik adalah Leonce Girardot di a Panhard dengan waktu 12 jam 15 menit 40 detik.
Coil springs pertama kali muncul pada kendaraan produksi pada tahun 1906 di Brush Runabout dibuat oleh Brush Motor Company. Hari ini, coil springs digunakan di sebagian besar mobil.
Pada tahun 1920, Leyland Motors digunakan torsi bar di sistem suspensi.
Pada tahun 1922, suspensi depan independen dirintis pada Lancia Lambda dan menjadi lebih umum pada mobil pasar massal dari 1932. Saat ini sebagian mobil memiliki suspensi independen di keempat roda.
Pada tahun 2002, komponen suspensi pasif baru diciptakan oleh Malcolm C. Smith , yang inerter . Ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan inersia efektif suspensi roda menggunakan roda gila diarahkan, tetapi tanpa menambah massa yang signifikan. Itu awalnya digunakan di Formula 1 dalam kerahasiaan tetapi telah menyebar ke motorsport lainnya.
Pengertian Suspensi
Suspensi merupakan sistem yang terdapat pada kendaraan yang di rancang untuk meredam getaran pada kendaraan yang di timbulkan karena permukaan jalan yang tidak rata, tujuan adanya sistem suspensi ini adalah untuk kenyamanan pengendara penumpang pada kendaraan dengan meminimalisirkan getaran yang disebabkan oleh kondisi jalan.
Selain fungsi diatas, dengan adanya sistem suspensi pada kendaraan ini membantu memperingan pengendara untuk mengendalikan kemudi saat berbelok dan membuat kendaraan stabil saat berada pada kondisi jalan yang bergelombang.
Jenis dan Karakteristik Sistem Suspensi
1. Rigid Axle SuspensionKelebihan:
- Jumlah komponen sedikit, konstruksi sederhana dan mudah perawatannya
- Kekuatan yang relatif besar
- Body roll hanya sedikit pada saat berbelok
- Perubahan Alignment dan keausan roda sedikit
- Mutu pengendaraan kurang, karena unsprung weight lebih besar
- Kemungkinan terjadinya getaran lebih besar karena pengaruh getaran roda-roda kiri dan kanan
Kelebihan:
- Unsprung weight dapat dikurangi, persentuhan roda dengan permukaan jalan lebih merata sehingga lebih terkendali dan stabil
- langkah vertikal roda lebih besar, dan menggunakan pegas yang lebih lembut
- Karena tidak menggunakan axle, floor dapat di rendahkan
- Konstruksi yang kompleks/rumit dan tidak menguntungkan dari segi perawatan
- Gerakan naik-turun roda dan perubahan Alignment menyebablan roda cepat aus
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai masalah dan penanganan tentang Sistem Suspensi, silakan kunjungi Fungsi dan Pengertian Spooring dan Balancing
Terimakasih atas kunjungan anda, semoga artikel ini dapat membantu anda.
Posting Komentar